Rabu, 01 September 2010

Baca Kemudian Pikirkan, Maka Lakukanlah


“Bacalah atas nama Tuhanmu (Allah SWT) Yang menciptakan.” (QS. Al-Alaq:1)‌
Lalu apa yang harus dibaca? Jawabannya adalah ayat-ayat Allah SWT yang ada dua macam. Pertama adalah ayat yang tertulis dan kedua adalah ayat yang tercipta. Ayat yang tertulis atau Ayat Qauliyah” adalah ayat-ayat yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Sementara ayat yang tercipta atau “Ayat Kauniyah” adalah berbentuk ciptaan-ciptaan Allah SWT di alam semesta seperti matahari, bumi, bulan, bintang, planet, tumbuh-tumbuhan, binatang, dsb.

.Semua itulah yang harus dibaca dan dipelajari oleh generasi muda agar kita dapat semakin maju dan menguasai ilmu pengetahuan. Apapun yang akan kita lakukan, semuanya harus dengan ilmu. Segala sesuatu yang dikerjakan tanpa ilmu bagaikan tubuh tanpa nyawa. Tanpa ilmu, kita tidak dapat mengerti tentang arti, sehingga tidak dapat memberikan manfaat bagi diri kita sendiri, apalagi bagi sekeliling kita.
.
Beribadah membutuhkan ilmu, membangun gedung pun memerlukan ilmu, hingga pergi ke bulan pun harus ada ilmunya karena tanpa ilmu kita bisa hilang di bulan dan ga balik lagi ke bumi hehehe… Allah SWT berfirman, “Hai jemaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan (ilmu).” (QS. Ar-Rahmaan [55]:33)

Dengan memiliki ilmu pengetahuan dan menjadi insan yang pandai berpikir dan berzikir, Allah SWT berjanji akan mengangkat derajat kita, “…niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat …” (QS. Al-Mujadilah:11)
.
Kita juga harus berzikir sebagai wujud rasa patuh dan taat kita kepada-Nya. Sebagaimana firman Allah SWT. “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab:41-42)
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah, khususnya dalam menjadikan kita sebagai insan yang berpikir dan berzikir di dunia ini, serta selalu memberikan petunjuk kepada kita semua dalam menapaki jalanNya yang lurus, jalan orang-orang yang Allah berikan nikmat, jalan para nabi, orang-orang yang jujur, para syuhada, serta orang-orang yang shalih, dan bukan jalan orang-orang yang tersesat. Amiin …
Pic. By Google
Sendiri dalam kamar siang ini, seusai rutinitas harian, terbang dalam maya, dan ku kira saya lebih bermakna disana. Ya Allah semoga aku mampu menjadi hambamu yang ahli syukur. Thanks for Allah SWT, Bundaku, serta OM Google yang memberi arti dalam hidup ini tempat ku bertanya tanpa ku duduk dibangku kuliah serta miliki ijazah (bukan berarti aku gak ingin kuliyah). 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantabb..

Posting Komentar